Cara membuat atap rumah

Dalam suatu bangunan,atap berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada dibawahnya.Gunanya untuk melindungi dari pengaruh panas,hujan angin,debu dan lain-lainya.Sebagai mahkota dari suatu bangunan.

Pemilihan atap haruslah disesuaikan dengan bangunan dibawahnya,iklim setempat,model atap,biaya serta bahan yang tersedia.Atap terdiri dari tiga bagian,yaitu kuda-kuda,rangka atap,dan penutup atap.

A.KUDA-KUDA

Kuda-kuda merupakan suatu susunan rangka batang yang berfungsi sebagai pendukung beban atap dan beban kuda-kuda itu sendiri.Selain itu,kuda-kuda dapat memberikan bentuk pada atap.Konstruksi atap kuda-kuda umumnya terdiri dari atas rangkain batang yang senantiasa selalu berbentuk segitiga.

Namun demikian,bentuk konstruksi atap kuda-kuda bisa dimodifikasi karena mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk atap itu sendiri.Dilihat dari bahan yang digunakan ada tiga macam kuda-kuda,yaitu,kuda-kuda kayu,kuda-kuda baja,dan sopi-sopi.


1.Kuda-kuda Kayu:
kayu yang biasanya digunakan untuk kuda-kuda adalah kayu borneo dan singkil dari kalimantan,kayu ulin dari sumatra,kalimantan,maluku,kayu jati dari jawa dan lain-lain.

Kayu yang digunakan untuk kuda-kuda bisa diprofil (exsposed),jika dibawahnya tidak dipasang plafon sehingga akan tampak lebih indah.Namun bisa juga dibiarkan batangan saja jika dibawahnya akan dipasang plafon,Kuda-kuda exsposed banyak digunakan pada konsol terbuka,overstek,pargola,teras serta garasi.

Kuda-kuda dihitung dengan satuan M3 dengan kebutuhan bahan baku berupa kayu balok berukuran 6/12 Cm,8/12 Cm,dan 8/15,cara perhitungannya sebagai berikut.
Volume= Luas penampang x panjang

sumber : http://www.cibotproperty.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: