Menaikkan berat badan

Anda merasa kesulitan dalam menaikkan berat badan Anda? Sudah banyak makan ternyata tetap saja berat badan tidak bertambah? Disini saya akan memberikan beberapa tips yang sudah saya praktikkan sendiri. Tips ini saya dapatkan dari personal trainer saya dan ternyata ada hasilnya. Dalam sebulan berat badan saya naik 5 kg. Berikut ini tipsnya :

1. Makan makanan yang berprotein tinggi
Salah besar kalo ingin menaikkan berat badan dengan memperbanyak makanan berlemak. Inti dari menaikkan berat badan adalah menaikkan massa otot sehingga otot kita berkembang, bukan lemak yang menumpuk. Memang lemak dapat menambah berat badan namun penumpukan lemak berlebih akan disertai dengan berbagai macan penyakit. Makanan berprotein tinggi mampu membantu menaikkan massa otot.

2. Cukup istirahat dan hindari terlalu sering begadang
Terlalu sering begadang bisa membuat kita semakin kurus. Saya mengalami sendiri hal ini. Karena tugas kuliah yang menumpuk saya sering sekali begadang bahkan tidak tidur. Dalam 1 semester berat badan saya merosot drastis. Terlalu banyak begadang selain bikin kurus juga membuat muka kusam dan mata mengantong. Bukan penampakan yang Anda inginkan tentunya.

3. Makan cukup
Hindari makan terlalu banyak namun dalam waktu yg sedikit. Maksudnya lebih baik Anda makan sedikit-sedikit tapi sering, daripada makan cuman 2 kali sehari namun porsinya banyak. Coba tambah suapan tiap kali makan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak juga sampai kekenyangan.

4. Olahraga
Ini tidak bisa ditawar-tawar. Berolahraga untuk melatih otot-otot kita agar berkembang. Setelah berolah raga usahakan makan yang mengandung protein tinggi. Karena ketika kita berolah raga ( apalagi latihan beban di gym ), otot kita sebenarnya \”dirusak\” untuk mengalami perkembangan. Makanan ini untuk mengembalikan energi dan buat asupan bagi otot untuk berkembang.

5. Suplemen
Kalo yang ini bisa dipakai bisa juga tidak. Sekarang ini banyak suplemen-suplemen ( dalam bentuk tablet ataupun susu ) yang bertujuan untuk membantu perkembangan otot. Namun perlu diingat, ini hanya suplemen pembantu bukan obat mujarab yg langsung dapat menaikkan massa otot. Tentunya Anda harus berhati-hati juga dalam memilih suplemen yang cocok.

Dengan mengikuti pola di atas, berat badan saya yang sebelumnya 65 kg dalam sebulan naik menjadi 70 kg ( tinggi 180 cm ). Sekali lagi yang perlu diingat, dalam menaikkan berat badan yang perlu kita lakukan adalah menambah massa otot, bukan menambah timbunan lemak. Hasilnya juga berbeda-beda pada tiap orang, bergantung pada orang tersebut namun bagi saya tips di atas cukup berhasil. Selamat mencoba๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

Leave a Reply

