Tips dan Cara Merawat Motor Matik

Tips dan Cara Merawat Motor Matik

Variasi Motor – Pada umumnya motor matik yang sudah di gunakan selama 2 atau 3 tahun, harus siap-siap untuk dana untuk mengganti beberapa spareparts yang wajib diganti.

variasi motor
Namun apabila pemakaian motor dengan baik dan servis rutin, penggantian komponen bisa lebih lama lagi. Idealnya motor harus d servis secara rutin minimal dua bulan sekali.

Untuk motor matik, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, seperti komponen CVT yaitu belt yang punya masa pakai tertentu. CVT terbuat dari bahan campuran rubber, sehingga apabila dipakai terus menerus terjadi keausan yang berakibat pada daya cengkram terhadap puli melemah dan timbul gejala slip. V belt ini harus diganti setiap 20-25 km dan harus dilakukan pengecekan atau servis setiap 10 ribu km.

Saringan udara harus dilakukan juga pengecekan, apabila kotor akan membuat kinerja motor tidak bagus dan campuran bahan bakar tidak optimal. Saringan udara matik berbeda dengan motor bebek. Matik menggunakan filter kertas yang menggunakan cairan khusus viskos yang berguna untuk menangkap dan menempelkan partikel halus yang dihisap.

Oli mesin harus diperhatikan. Gantilah oli mesin setiap 2.000-3.000 km. Telat mengganti oli mesin akan berakibat fatal pada mesin dan mempengaruhi kinerja mesin.

Untuk spare parts motor sebaiknya menggunakan bawaan asli dari pabrikannya motor Anda. Meskipun sedikit mahal tapi kualitas terjaga dan kita puas dengan daya tahannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: