Bahan lantai

Apa itu lantai….
Lantai merupakan penutup permukaan tanah dalam ruangan dan sekitar rumah (teras,carport).Hal yang kadang terjadi adalah kurangnya pemahaman tentang jenis,sifat dan teknik pemasangan setiap lantai sehinggga lantai tidak terpasang secara baik dan tidak berfungsi secara maksimal menurut kebutuhan ruang.

Ada bermacam-macam jenis lantai,tetapi fungsi secara umum sebagai alas pijakan kaki sehingga memberi kenyamanan ketika berjalan diatasnya.Lantai juga dapat memberi nilai estetika suatu rumah sehingga dapat menambah nilai jual bangunan rumah.

Tinggi lantai dari permukaan tanah tergantung pada desain dan selera pemilik rumah dan keadaan lingkungan setempat.Ada yang menyukai lantai rata dengan tanah,tetapi ada pula yang menyukai lantai yang tinggi.Didaerah yang rawan banjir ataupun rob,lantai dibuat harus tinggi dari permukaan air banjir,terhadap jalan raya,sebaiknya lantai dibuat lebih tinggi dari permukaan jalan raya.

Penggunaan lantaipun bermacam-macam.Untuk dalam ruangan (interior) sebaiknya digunakan bahan lantai yang mempunyai warna,pola,dan dimensi serta texstur yang halus.Sedangkan untuk luar ruangan (exsterior) digunakan lantai yang bertexstur kasar supaya tidak licin apabila terkena air.

Jenis bahan lantai

jenis bahan-bahan lantai biasanya digunakan yaitu tegel,lantai teraso,lantai keramik,lantai marmer,lantai granit,lantai kayu.
1.Lantai Tegel.

Lantai tegel dibuat menggunakan campuran semen dan pasir.Warna lantai tegel dipasaran beragam,mulai dari abu-abu,merah,biru,kuning dan lain sebagainya,lantai tegel berukuran 30 cm x 30 cm atau 40 cm x 40 .cm.Lantai tegel merupakan bahan lantai yang handal,sangat sesuai dengan iklim indonesia,juga memberikan kesan sejuk terhadap ruangan.

Bila akan menggunakan tegel sebagai lantai,pilihlah yang terlihat basah agar tidak mudah pecah atau retak dan tidak gompel sisi-sisinya sehingga pada waktu pemasangan terlihat bagus dan rapi.
Kelebihan lantai tegel dibandingkan dengan lantai yang lainya adalah harganya yang lumayan murah dan pemasangan yang mudah.namun,lantai tegel juga mempunyai kekurangan,yaitu jika terkena asam (cuka) akan membekas/bernoda yang sulit untuk di bersihkan.

sumber : http://www.cibotproperty.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: