Jenis-jenis bahan plafond

Plafond atau juga sering disebut langit-langit adalah suatu lapisan yang membatasi antara rangka rumah dengan rangka atap.Kualitas plafond banyak dipengaruhi oleh bentuk atau struktur bangunan secara keseluruhan dan jenis bahan plafond yang digunakan.
Ini disebabkan setiap jenis bahan plafond memilki karakter dan spesifikasi yang berbeda-beda.Pemilihan jenis bahan plafond harus disesuaikan dengan kebutuhan agar desain dan fungsi yang direncanakan dapat tercapai.

Fungsi plafond antara lain sebagai batas tinggi suatu ruangan.
Isolasi panas datang dari atap.
Meredam suara air hujan yang jatuh diatas atap (terutama penutup atap dari logam)
Menahan kotoran yang mungkin jatuh dari atap
Membuat ruangan dibawah atap tampak jadi bersih
Menutup rangka-rangka atap sehingga tidak tampak dari bawah
Sebagai tempat menggantungkan bola lampu ,kipas angin,serta bagian atasnya sebagai tempat untuk meletakan kabel-kabel listrik.

Tinggi plafond juga tergantung pada berbagai faktor pertimbangan,yaitu iklim,desain rumah,dan selera pemilik rumah tersebut.Plafond yang tinggi memberikan kesejukan lebih baik didalam ruangan dibandingkan dengan plafond yang rendah.

Di daerah yang panas,plafond biasanya dibuat lebih gtinggi dari pada beriklim dingin.Untuk ruangan yang menggunakan AC (air conditioning),digunakan plafond dengan ketinggian relatif rendah untuk menghemat AC dan biaya.Plafond tinggi pembangunannya lebih besar dari pada plafond yang rendah,karena tembok-temboknya menjadi lebih tinggi.

Jenis  bahan plafond.
Jenis-jenis bahan plafond yang baik digunakan untuk rumah tinggal yaitu,plafond eternit,plafond gypsum,plafond kayu/ triplek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: