cara belajar menabung

cara belajar menabung

Hai teman – teman, apa kabar kamu dan keluarga hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat dan baik. Sekarang saya ingin mencoba memberikan informasi tentang cara belajar menabung dan trik – trik menabung.
Seperti yang kita ketahui bahwa menabung adalah BAIK, namun banyak diantara kita yang mengalami kesulitan dalam menabung. Saya dapat memahami karena banyaknya pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehingga tidak ada sisa yang dapat ditabung, bahkan dalam sebulan harus tekor karena penghasilan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika keadaan seperti demikian terus berlanjut, bagaimana dengan masa depan kamu dan keluarga??? Teman – teman, sebenarnya prinsip dasar menabung disini sangatlah mudah, bukan berapa besar yang dapat kamu hasilkan dalam sebulan melainkan seberapa besar yang dapat kamu simpan.

Sebelum kamu melanjutkan membaca, ada baiknya, kamu simak pertanyaan ini, BERAPA BESAR KAMU MAU MENCAPAI TUJUAN DAN IMPIAN KAMU? Jika kemauan dan keinginan kamu itu BESAR maka kamu pasti akan rela berkorban untuk mencapainya. Sebab di dunia ini tidak ada yang gratis dan segala sesuatu memerlukan uang namun perlu di ingat teman – teman bahwa uang bukanlah segala – galanya, sebab tidak semua hal dapat dibeli dengan uang.
Cara – cara menabung, sebagai berikut :
  1. Buatlah budget pengeluaran dan pemasukan dalam sebulan. Lakukan dengan penuh disiplin, patuh dan tanggung jawab dalam menjalankan pengeluaran bulanan.
  2. Lakukan analisa pengeluaran, dimana kamu dapat mengurangi pengeluaran – pengeluaran yang dianggap berlebihan, tidak terlalu penting atau mendesak. Di sini kamu harus bisa mengkategorikan kebutuhan hidup kamu. Lakukan pengeluaran berdasarkan kepentingannya, pertama kamu masukan untuk menabung lalu kamu urutkan berdasarkan kebutuhan yangmana tidak dipenuhi hidup kita akan terganggu seperti makan, tempat tinggal, listrik, PAM / air, pendidikan anak – anak, dan lain – lain. Pengkategorian semua terserah kamu, saya tidak dapat mengurutkan mana dulu yang lebih penting karena kondisi dan kebutuhan kita semua berbeda – beda.
  3. Hilangkan kebiasaan – kebiasaan hidup yang boros, yang menghambur – hamburkan uang, seperti contoh kecil adalah merokok.
  4. Jika penghasilan kamu tidak dapat ditentukan, seperti wirausaha, maka ada baiknya kamu menetapkan waktu untuk menabungnya. Dan untuk teman – teman yang mendapatkan penghasilan yang pasti tanggalnya di setiap bulan, usahakan untuk selalu menggunakan pertama kali penghasilan bulanan kamu itu untuk menabung dan sisanya baru kamu pakai untuk memenuh kebutuhan hidup.
  5. Lunasilah hutang – hutang kamu dengan secepatnya terutama hutang yang berbunga dan hentikan kebiasaan berhutang.
  6. Belajar untuk menghargai dan menabungkan uang kecil seperti uang pecahan Rp 500,- atau Rp 200,- atau Rp 100,- dengan cara menabung di celengan
  7. Pilih sarana menabung ini ditempat yang lebih aman dan baik. Aman dari tangan – tangan jail orang lain dan diri kita sendiri, dan baik tabungan kita tidak akan berkurang nilai uangnya. Contoh menabung di bank yangmana tidak ada biaya administrasinya serta kita tidak memakai kartu ATM nya.
  8. Setelah kamu bisa mulai bisa menabung maka kamu harus tetapkan hati kamu untuk terus menabung setiap bulannya, ingatlah selalu tujuan kamu menabung ini adalah untuk mencapai tujuan dan impian hidup kamu. Dan jadikan menabung ini menjadi kebiasaan hidup baru dalam hidup kamu.
  9. Jika telah ada kebiasaan untuk menabung telah ada dalam diri kamu, mulailah tingkatkan tabungan kamu di dalam setiap bulannya.
  10. Usahakan untuk menggunakan penghasilan tambahan kamu untuk sebagian besar di tabung.
  11. Setelah tabungan kamu sudah besar, jangan dulu dipakai untuk membeli barang – barang konsumer, gunakan dahulu tabungan kamu tersebut untuk investasi, kamu bisa melakukan investasi pada banyak bidang, baik secara aktif maupun pasif kamu lakukan.
  12. Jika kondisi keuangan kamu memungkinkan, usahakan untuk mengambil sebuah asuransi, saya sangat menyarankan untuk mengambil produk asuransi yang ada proteksi dan investasinya.
  13. Gunakan kartu kredit dengan bijak, karena kartu kredit juga banyak manfaatnya terutama jika dalam keadaan darurat, namun jangan pergunakan kartu kredit untuk belanja barang – barang konsumer sehingga hal ini akan menyebabkan kita berhutang.
Demikianlah trik – trik yang saya gunakan untuk menabung, saya sangat berharap informasi ini dapat berguna untuk teman – teman
sumber ; info rencana keuangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: