Archive for the ‘Kesehatan’ Category

Cara Berhenti Merokok

Tips Cara Berhenti Merokok

1.Kurangi jumlah rokok yang Anda konsumsi sedikit demi sedikit dan bertahap. Jangan memaksakan diri untuk berhenti merokok semalam, karena keesokan harinya keinginan merokok bisa jauh lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan Anda stress, merasa depresi hingga mudah marah. Namun apabila Anda rutin dan disiplin lama-kelamaan akan terbiasa.

2.Belilah merk rokok yang harganya murah dan kualitas pas-pasan.

 

3. Hentikan kebiasaan menunggu atau diam tanpa aktifitas.

4. Cobalah membawa permen mint di saku kamu.

Cari makanan atau benda yang dapat menggantikan mengidam rokok. Anda harus kreatif untuk menggantikan rokok dengan benda lain yang dapat menghilangkan dan mengobati kerinduan Anda tentang sugesti untuk merokok. Misalnya saja dengan mengonsumsi permen karet  Ini bisa menjadi alternatif ketika keinginan merokok sudah tidak tertahankan.

5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.

6.jangan membawa korek api kemana-mana (untuk mengurangi rokok/ jeda waktu )

 

7. Coba dan coba lagi

 
Gagal berhenti merupakan hal yang biasa. Banyak perokok yang harus mencoba beberapa kali sebelum akhirnya berhasil lepas dari kebiasaan buruk ini. Periksa keadaan emosi serta fisik yang membuat Anda menyerah. Gunakan sebagai kesempatan untuk kembali menegaskan komitmen untuk berhenti merokok. Setelah Anda membuat keputusan kembali, tetapkan ‘tanggal dimulainya berhenti merokok’ di bulan depan.


 

 

 

Advertisements

7 Alasan untuk Berhenti Merokok Mulai Hari Ini

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah. Namun mengetahui dampak negatif yang diberikan oleh rokok, seharusnya bisa memicu seseorang untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut. Berikut tujuh alasan mengapa Anda harus berhenti mengisap rokok, seperti yang dikutip dari Danone.

1. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung
Merokok dapat meningkatkan kemungkinan stroke dan penyakit jantung. Merokok membuat asupan oksigen dalam darah berkurang, meningkatkan penumpukan plak di arteri dan juga meningkatkan tekanan darah.

2. Menurunnya kekuatan fisik
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kurangnya jumlah oksigen yang dikirim paru-paru akan membuat daya tahan fisik menurun. Hal ini bisa sebabkan Anda sulit menaiki tangga. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan berbagai masalah pernapasan.

3. Kanker
Jika Anda merokok, berarti Anda memiliki risiko tinggi terkena kanker terutama kanker paru-paru, tenggorokan dan mulut. Apakah Anda tahu bahwa asap dari tembakau menyumbang 85 persen kasus kanker paru-paru di Kanada?

4. Penampilan fisik buruk
Selain gigi yang bernoda dan kuku yang berubah warna, merokok juga memiliki kaitan pada kerutan kulit wajah dan penuaan dini.

5. Osteoporosis
Merokok dapat mempercepat pengeroposan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Hal itu juga dapat mengakibatkan rasa sakit bahkan cacat.

6. Kesuburan
Pasangan yang merokok kemungkinan akan mengalami masalah kesuburan. Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology juga menemukan bahwa perokok memiliki dua kali risiko terkena impotensi.

7. Merokok mengurangi harapan hidup
Hasil statistik di Kanada menemukan bahwa pria perokok yang berusia 45 tahun pada 1995 memiliki kemungkinan hidup kurang dari 7 tahun daripada pria yang tidak merokok. Sedangkan wanita yang merokok memiliki harapan hidup 10 tahun lebih pendek.

Penyakit Akibat Rokok

Berikut 15 penyakit akibat merokok yang dikutip dari detikHealth.com

1. Kanker paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

2. Kanker kandung kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

3. Kanker payudara
Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

4. Kanker serviks
Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

5. Kanker kerongkongan
Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

6. Kanker pencernaan
Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

7. Kanker ginjal
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

8. Kanker mulut
Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

9. Kanker tenggorokan
Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

10. Serangan jantung
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

11. Penyakit jantung koroner (PJK)
Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

12. Aterosklerosis
Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

13. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

14. Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

15. Gangguan medis lainnya
Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Tuh kan serem-serem dan mahal biaya pengobatannya Penyakit Akibat Rokok – Penyakit Akibat Merokok . Maka dari itu saya sarankan anda untuk berhenti merokok.

sumber http://dniell.com/penyakit-akibat-rokok

Latihan Fitness untuk Pemula

Latihan Fitness untuk Pemula

Alat Fitness – Bagi anda yang baru pertama kali mengikuti fitness, biasanya melakukan kesalahan mengenai jadwal latihan yang terlalu padat, padahal untuk pemula latihan haruslah dilakukan secara bertahap. Jangan diforsir pada awal latihan.

https://i1.wp.com/media1.id.88db.com/DB88UploadFiles/2009/11/09/AC83BBD5-3929-460D-BCA6-CDB1A0A2ADE3.jpg

Buatlah program latihan dengan tahap dan tingkatan yang sesuai dengan kemampuan Anda. misalnya latihan pertama 3 x dalam seminggu selama 20 menit pada minggu pertama, untuk minggu berikutnya bisa ditambah menjadi 30 menit dan seterusnya.

Sesuaikan dengan kemampuan Anda. Sebaiknya anda juga mencatat aktivitas yang Anda lakukan. Agar latihan fitness anda semakin bersemangat dan memiliki tujuan yang jelas.

buatlah ruangan khusus untuk latihan fitness, apakah itu untuk menaruh alat-alat fitness Anda. ciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Sehingga fokus dan konsentrasi anda tidak terganggu. Tambahkan juga perangkat alat musik dan TV utuk menunjang aktivitas fitness Anda.

Sate sareng Mie instans

Siapa yang tidak tergiur akan kelezatan sate, apakah itu sate kambing, sate ayam, ataupun sate padang dan beraneka ragam makanan lainnya yang bersumber dari air tawar ataupun hasil laut seperti ikan mas, ikan kakap, baronang, cumi, kepiting dan teman-temannya, ditambah sedikit lalapan dan sambal yang pedas. Mmmm sangat menarik bukan ?? Dan tentu saja untuk menemukan jenis makanan tersebut di Jakarta khususnya tidaklah susah, bila kita perhatikan banyak sekali di jalanan yang mencoba menjajakan jenis makan tersebut. Akan tetapi berhati-hatilah bila Anda adalah pengemar jenis makan tersebut, karena penyakit kanker sudah mengintai kita.
Pada umumnya untuk membakar makanan tersebut biasanya digunakan arang, ternyata di sinilah awal penyakit kanker tersebut bermula. Karena begitu makanan tersebut dibakar menggunakan arang yang mengandung zat karbon, maka pada makanan tersebut sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Tetapi tidak usah takut, bagi Anda pengemar makanan tersebut dapat mengatasinya dengan memakan timun, karena sate yang dibakar tersebut mengandung zat karsinogen (penyebab kanker) dan timun mempunyai anti karsinogen.
Bagi para pengemar mie instan, ternyata di dalam mie tersebut terkandung lilin yang berfungsi untuk melapisi mie instant (mungkin itu juga yah yang menyebabkan mie tidak lengket satu dengan yang lainnya). Pernah rekan saya bereksperimen dengan cara menyimpan kuah hasil olahan mie instan selama 3 hari, dan ternyata memang terbukti ditemukan zat seperti lilin.
Bagi anda pengemar mie instan, mungkin kini saatnya untuk berhati-hati mengkonsumsi mie tersebut, karena tubuh kita membutuhkan waktu 2 – 3 hari untuk membersihkan zat lilin tersebut. Dan saya juga biasanya kalau mengkonsumsi mie instan, selalu membuang air hasil rebusan dan menggantinya dengan air hangat yang baru. (untuk meminimalkan zat lilin yang masuk)
Dan masih banyak zat-zat berbahaya lainnya yang mengintai kita dan terbilang mudah menemukannya.

sumber ; dyanimoed.blogspot.com

tips gemuk

Cara Menggemukkan Badan Ala Ndop Namanya aja manusia, selalu aja tidak puas dengan apa yang diperolehnya sekarang. Ya sama dengan saya, dulu nggak puas banget diberi tubuh kurus. Pinginnya gemuk bin ginuk-ginuk. Sampai pada suatu waktu, saya pernah memosting tentang betapa kurusnya saya ini. Dan memang sangat diiyakan. Dengan tinggi 176 sentimeter dan hanya berberat badan 54 kilogram, body saya tampak begitu tidak mbois untuk dikenakan pakaian apapun. Beli celana di toko, susah dapatnya. Kalau beli celana panjang, kalau pinggangnya pas, panjangnya yang tidak pas. Jadi, back to pasar wage saja, cari celana kolor! 😆 Menurut index berat badan menurut Dokter Muhaimin (yang juga teman sekelas saya waktu SMA dulu), saya pernah bertanya tentang cara mengukur keidealan berat badan seseorang. Dia menjawab, rumus untuk mengetahuinya sangatlah mudah. Hanya dengan menggunakan kalkulator di hape anda, anda akan menemukan berat badan ideal anda. [BERAT BADAN (dalam kilogram)] dibagi [TINGGI BADAN KUADRAT (dalam meter)] Jika hasilnya berada di antara 18,5 – 23,5 maka selamat! Berat badan anda IDEAL! Jika di atas 23,5, maka anda OVERWEIGHT Jika di bawah 18,5, maka anda KURUS Jika di atas 30, maka anda OBESITAS Jadi berat badan saya dulu itu kalau dihitung: 54:(1,76 x 1,76) = 17,43 Tuh khan, dibawah 18,5. Walhasil saya memang kurus. Mau tau buktinya, silakan dilihat photo si bawah ini: Fotonya mas ndop ketika Maret 2009 Lalu apa yang sebenarnya terjadi kepada tubuh mas ndop saat ini? Lihat photo di bawah ini: mas ndop di 2010, gemuk! Foto yang lain.. Lihatlah perbandingannya Ternyata semua usaha kerja keras mas ndop sudah tercapai sekarang. Dia sudah gemuk. Kalau dihitung pakek index berat badan, dia tidak hanya keluar dari zona kurus, melainkan lebih dari itu, dia melebihi zona normal. So, sudah bisa ditebak kalau dia sekarang justru OVERWEIGHT! 🙄 Jadi, berat badan saya 77 kilogram. Dengan tinggi badan masih tetap yaitu 176 sentimeter. Jadi bisa dibayangkan saya naik berapa kilo, heheheh.. 23 kilogram!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! <– 23 tanda seru Kalau dikalkulasi, indeks berat badan saya sekarang adalah: 24,85. Alias overweight karena melebihi 23,5. Ah, ndak papa, toh inilah yang saya idam-idamkan sejak dulu. Yang saya lakukan sekarang ini adalah tetep makan teratur dan makan makanan sehat. Nah, ini yang ditunggu-tunggu, apa sih RESEP GEMUK ala ndopnya? Oke deh, saya bocorin sebocor-bocornya! NIAT Niat sangatlah penting banget! Tanpa niat yang kuat, anda tidak akan bisa mencapai sesuatu yang anda harapkan. Nah, mulai sekarang niatlah. Semakin kuat niat anda semakin gampang mencapai tujuan dan semakin dibukakan jalannya… MAKAN Sudah niat apa belum? Kalau belum, niat dulu… kalau sudah, OK lanjut ke langkah selanjutnya yaitu MAKAN. kalau pingin gemuk ya wajib makan! Ngemil? Boleh asal jangan lupa makan! Kalau resep saya, saya nggak ngemil. Melainkan MAKAN! Kalau memang pingin gemuk, ya jangan ngemil. Ngemil bikin kenyang, kalau sudah kenyang jadi males makan! Nah kuncinya: NGEMIL bikin males MAKAN! Kalau pingin gemuk, makan sehari 4 kali! Sarapan, makan siang, makan sore, dan makan malam. Trus yang nggak kalah penting adalah…. JANGAN BANYAK GERAK dulu. Alias banyak istirahat alias lagi, banyak tidur! Heheheh… Ini demi keinginan gemuk anda. MINUM SUSU Kalau pingin gemuk. WAJIB doyan minum SUSU. Saya dulu beli susu Ind*milk yang botolan itu, yang harganya Rp. 2500,- itu. Tiap hari minum 2 botol. Berat badan naik 8 kilo selama kurang lebih 5 bulan (lama bener yak? hehe..) Lalu, ketika sudah kerja online di rumah, saya beli susu D*ncow Instant Full Cream yang putih. Saya minum 3 kali sehari. Pagi, sore, dan malam. Selama 7 bulan (lama benerrrr), berat badan naik lagi 15 kilogram!!! Jadi sekarang berat badanku 77 kilogram! SELALU RIANG GEMBIRA Jalani hidup dengan ikhlas. Jangan sampai ada sesuatu yang terpaksa. Hindari stress. Kalau stress terpaksa melanda, MAKANLAH dan YAKINlah dengan makan itu, stress anda akan HILANG! Dengan begitu, jatah makan anda yang empat kali sehari itu, bisa menjadi 5-6 kali sehari kalau anda stress. Walhasil, berat badan anda akan cepat naik. KUATKAN SUGESTI Nah, cara ini saya meniru video The Secret yang pernah saya tonton di kompinya masku dulu. Video itu menjelaskan cara meningkatkan sugesti kita untuk mencapai sesuatu. Dengan bantuan energi alam semesta ini, kita meminta bantuan energi itu untuk mengabulkan setiap keinginan kita. Caranya? Bisa dengan doa (kalau yang Islam, ya sholat, dzikir dan minta kepada-Nya) Kalau berdoa sudah, sekarang buatlah suasana di sekitarmu untuk mendukung program penggemukan badan anda. Ubah nama facebook anda dengan yang nama berhubungan dengan gemuk. Saya dulu pakek nama Ndop Pingin Ginuk-ginuk. Ginuk-ginuk = Gemuk menggemaskan, hehehe.. Dengan berganti nama, dengan bersugesti bahwa nama adalah doa, maka pikiran anda akan senantiasa diingatkan kalau anda sedang pingin gemuk. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan gemuk, anda akan menyenanginya. Kalau sedang menyantap makanan, anggap makanan itu adalah JALAN SATU-SATUnya program penggemukan anda. Jadi nanti anda akan lahap makannya. Walaupun sebenarnya anda sudah agak kenyang! CARI TEMAN GEMUK Wekekekek… ini hanya untuk menguatkan niat anda. Dengan senantiasa berteman dengan orang gemuk, otomatis anda akan sering melihat tubuh subur di dekat anda. Walhasil juga, anda akan termotivasi untuk meraih ukuran tubuh itu. Anda juga akan ikut-ikutan banyak makan seperti temanmu itu. Coba kalau anda berteman dengan teman kurus, ya kapan mau makan banyak? Lawong nggak ada yang ngajak makan. Hehehe.. Khan sama-sama nggak seneng makan, lha wong sama-sama kurusnya kok. 🙄 Tapi, kalau memang sudah akrab dengan teman kurus, ya jangan dijauhi. Tetep berteman dan AJAK dia kompetisi menaikkan berat badan. Siapa yang menang dapat hadiah. Saya dulu punya teman kurus juga. Namanya Heru. Dia juga pingin gemuk juga. Walhasil, kita seperti kompetisi. Kalau sedang chatting ym, kita selalu menanyakan berat badan masing-masing. Hehehe… Trus siapa pemenangnya ndop? Ya mohon maaf, saya! hehehehhehe… Tapi nggak ada hadiah-hadiahan. Wong ini iseng aja kok. Eh, itu, si anangku dot blogspot dot com, ternyata dia juga gemuk juga sekarang. Sama itu, temanku SMA, namanya Dony dan Yesi, dia juga gemuk sekarang. Memang sedang musim gemuk ya, hahahah…. Ayoh, mumpung pada gendut semua, yang pada kurus, ayo banyak makan…. hehehehhehee…. EFEK SAMPING DIPIKIR BELAKANGAN Banyak yang bilang kalau gemuk itu sarang penyakit. Oke Fine, hal itu memang iya. Tapi apakah kurus juga nggak sarang penyakit? Saya kira sama aja. Mungkin jenis penyakitnya yang berbeda. Yang bagus tentu saja ideal. Nah, kalau sudah mendengar ungkapan-ungkapan yang sifatnya masih belum 100 persen bener (soalnya orang gemuk yang sehat juga banyaaaaaak!!!), jangan dihiraukan dulu. Tutup kupingmu. Soalnya dirimu sekarang masih kurus dan sedang berjuang menjadi gemuk atau setidaknya normal. Kalau kau hiraukan kata kata mereka, kau tidak akan bisa gemuk, karena sugesti di otak anda sudah tercemari! JANGAN PERCAYA MITOS Doh, bikin postingan kayak begini tuh membutuhkan waktu lama. Mikirnya yang lama, maklum saya nggak cari referensi selain dari pengalaman saya sendiri, hehehe… so, buat mbah gugel, sori ya, saya lagi pingin independent dulu tanpa bantuan mbah. Kuharap mbah gugel memaklumi… So, jangan percaya mitos. Mitos yang dimaksud tentu saja yang berhubungan dengan badan kurus. Banyak khan yang bilang kalau, “Badan kamu itu diapa-apain ya tetep segitu, nggak mungkin gemuk, memang sudah bawaan lahir!!” DIAAAAAAAAAAARRRRRRRR!!!!!! *suara petir menggelegar* Dan kau pun percaya…. BUBAR DEH USAHA LO… hahahah…. Sumpah, kalau memang pingin gemuk. Semua ada jalannya kok. Saya ini buktinya. Kalau perlu, tempel tuh di dinding kamar poster orang gemuk. Lihat terus photonya. Bayangkan anda akan seperti dia kelak. Sante saja. Rileks. Dengan sering membayangkan, alam bawah sadar anda akan mengantarkan anda ke sana. Tiba-tiba anda akan lapar. Tiba-tiba anda akan mengantuk. Tiba-tiba anda suka minum susu. Setiap kali diajak teman di warung, secara refleks anda akan minta minuman SUSU. Ah aku sudah kehabisan ide. Langsung disimpulkan aja deh. Yang penting niat yang kuat habis itu ajak tubuh anda makan makan dan makan. Sehari minimal 4 kali. Minum susu TIGA KALI sehari kalau bisa SATU GELAS GEDHE. Biar kenyangnya mantab! Kalau sudah gemuk, anda akan: Baju/kaos press body anda ketika kurus akan tidak bakalan muat lagi dipakek. Karena ukuran lebar badan anda sudah melar ke samping. Engkau bahkan akan merasa kesulitan memakainya, apalagi kalau baju itu bukan dari bahan kaos! Celana pendek dan panjang yang bukan kolor, jelas akan menjadi kenangan masa lalu… Saatnya shopping beli ukuran celana baru… Shoppingnya pakek celana apa? Tentu saja CELANA KOLOR DULU atau pakai SARUNG! hahahaha… Sandal anda masih akan bisa dipakek Kecepatan lari anda akan berkurang drastis, hehehehe kekuatan akan meningkat tapi dibarengi dengan cepat lelah dan terengah-engah Gampang NGANTUK Gairah sedikit berkurang, nggak gampang terangsang kayak pas jaman kurus dahulu, heheheh… Tambah lucu dan tembem itu pasti! Setiap gerakan anda, goyangan anda, langkah kaki anda, akan terasa lucu kalau dilihat.. Hahaha… Semakin banyak yang bersentuhan, terutama yang jelas kerasa adalah bagian pangkal paha dan ketek. Kalau sedang berjalan, dua pangkal paha akan bersentuhan terus, demikian juga dengan ketek anda. Hal itu tidak anda alami waktu anda kurus. Ketika anda membungkuk, tulang belakang anda tidak akan kelihatan lagi seperti waktu kurus dahulu Ketika anda berlari, akan terasa banget bagian perut dan dada anda naik turun naik turun, hahahah… Sudah ah… kebanyakan postingnya nih. Yang punya pengalaman tranformasi tubuh dari kurus menjadi gemuk, share juga resepnya. Yang jelas resep saya ini nggak pakek olah raga. So, kali aja beda sama punya kalian, hehehe… Related Posts Donor Darah Yuk! Jadi gara-gara ikutan Blogger Nusantara beberapa bulan yang lalu itu, khan di sana banyak sekali sem… Video Tutorial Vector Corel Draw Hai hai, lama bener nih gak update tutorial vector. Hehe.. Maklum istrinya paklum (gak usah pakek TM… Membersihkan Sarang Laba Laba Blog Haha… Ini blog sumpah jadi terbengkalai gara gara facebook sialan. Tapi untungnya facebook baru… M. Quraish Shihab Menjawab: Cara Meraih Lailatul Qadr Obsesi di Tahun 2008Cara Menggemukkan Badan Ala Ndop Namanya aja manusia, selalu aja tidak puas dengan apa yang diperolehnya sekarang. Ya sama dengan saya, dulu nggak puas banget diberi tubuh kurus. Pinginnya gemuk bin ginuk-ginuk. Sampai pada suatu waktu, saya pernah memosting tentang betapa kurusnya saya ini. Dan memang sangat diiyakan. Dengan tinggi 176 sentimeter dan hanya berberat badan 54 kilogram, body saya tampak begitu tidak mbois untuk dikenakan pakaian apapun. Beli celana di toko, susah dapatnya. Kalau beli celana panjang, kalau pinggangnya pas, panjangnya yang tidak pas. Jadi, back to pasar wage saja, cari celana kolor! 😆 Menurut index berat badan menurut Dokter Muhaimin (yang juga teman sekelas saya waktu SMA dulu), saya pernah bertanya tentang cara mengukur keidealan berat badan seseorang. Dia menjawab, rumus untuk mengetahuinya sangatlah mudah. Hanya dengan menggunakan kalkulator di hape anda, anda akan menemukan berat badan ideal anda. [BERAT BADAN (dalam kilogram)] dibagi [TINGGI BADAN KUADRAT (dalam meter)] Jika hasilnya berada di antara 18,5 – 23,5 maka selamat! Berat badan anda IDEAL! Jika di atas 23,5, maka anda OVERWEIGHT Jika di bawah 18,5, maka anda KURUS Jika di atas 30, maka anda OBESITAS Jadi berat badan saya dulu itu kalau dihitung: 54:(1,76 x 1,76) = 17,43 Tuh khan, dibawah 18,5. Walhasil saya memang kurus. Mau tau buktinya, silakan dilihat photo si bawah ini: Fotonya mas ndop ketika Maret 2009 Lalu apa yang sebenarnya terjadi kepada tubuh mas ndop saat ini? Lihat photo di bawah ini: mas ndop di 2010, gemuk! Foto yang lain.. Lihatlah perbandingannya Ternyata semua usaha kerja keras mas ndop sudah tercapai sekarang. Dia sudah gemuk. Kalau dihitung pakek index berat badan, dia tidak hanya keluar dari zona kurus, melainkan lebih dari itu, dia melebihi zona normal. So, sudah bisa ditebak kalau dia sekarang justru OVERWEIGHT! 🙄 Jadi, berat badan saya 77 kilogram. Dengan tinggi badan masih tetap yaitu 176 sentimeter. Jadi bisa dibayangkan saya naik berapa kilo, heheheh.. 23 kilogram!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! <– 23 tanda seru Kalau dikalkulasi, indeks berat badan saya sekarang adalah: 24,85. Alias overweight karena melebihi 23,5. Ah, ndak papa, toh inilah yang saya idam-idamkan sejak dulu. Yang saya lakukan sekarang ini adalah tetep makan teratur dan makan makanan sehat. Nah, ini yang ditunggu-tunggu, apa sih RESEP GEMUK ala ndopnya? Oke deh, saya bocorin sebocor-bocornya! NIAT Niat sangatlah penting banget! Tanpa niat yang kuat, anda tidak akan bisa mencapai sesuatu yang anda harapkan. Nah, mulai sekarang niatlah. Semakin kuat niat anda semakin gampang mencapai tujuan dan semakin dibukakan jalannya… MAKAN Sudah niat apa belum? Kalau belum, niat dulu… kalau sudah, OK lanjut ke langkah selanjutnya yaitu MAKAN. kalau pingin gemuk ya wajib makan! Ngemil? Boleh asal jangan lupa makan! Kalau resep saya, saya nggak ngemil. Melainkan MAKAN! Kalau memang pingin gemuk, ya jangan ngemil. Ngemil bikin kenyang, kalau sudah kenyang jadi males makan! Nah kuncinya: NGEMIL bikin males MAKAN! Kalau pingin gemuk, makan sehari 4 kali! Sarapan, makan siang, makan sore, dan makan malam. Trus yang nggak kalah penting adalah…. JANGAN BANYAK GERAK dulu. Alias banyak istirahat alias lagi, banyak tidur! Heheheh… Ini demi keinginan gemuk anda. MINUM SUSU Kalau pingin gemuk. WAJIB doyan minum SUSU. Saya dulu beli susu Ind*milk yang botolan itu, yang harganya Rp. 2500,- itu. Tiap hari minum 2 botol. Berat badan naik 8 kilo selama kurang lebih 5 bulan (lama bener yak? hehe..) Lalu, ketika sudah kerja online di rumah, saya beli susu D*ncow Instant Full Cream yang putih. Saya minum 3 kali sehari. Pagi, sore, dan malam. Selama 7 bulan (lama benerrrr), berat badan naik lagi 15 kilogram!!! Jadi sekarang berat badanku 77 kilogram! SELALU RIANG GEMBIRA Jalani hidup dengan ikhlas. Jangan sampai ada sesuatu yang terpaksa. Hindari stress. Kalau stress terpaksa melanda, MAKANLAH dan YAKINlah dengan makan itu, stress anda akan HILANG! Dengan begitu, jatah makan anda yang empat kali sehari itu, bisa menjadi 5-6 kali sehari kalau anda stress. Walhasil, berat badan anda akan cepat naik. KUATKAN SUGESTI Nah, cara ini saya meniru video The Secret yang pernah saya tonton di kompinya masku dulu. Video itu menjelaskan cara meningkatkan sugesti kita untuk mencapai sesuatu. Dengan bantuan energi alam semesta ini, kita meminta bantuan energi itu untuk mengabulkan setiap keinginan kita. Caranya? Bisa dengan doa (kalau yang Islam, ya sholat, dzikir dan minta kepada-Nya) Kalau berdoa sudah, sekarang buatlah suasana di sekitarmu untuk mendukung program penggemukan badan anda. Ubah nama facebook anda dengan yang nama berhubungan dengan gemuk. Saya dulu pakek nama Ndop Pingin Ginuk-ginuk. Ginuk-ginuk = Gemuk menggemaskan, hehehe.. Dengan berganti nama, dengan bersugesti bahwa nama adalah doa, maka pikiran anda akan senantiasa diingatkan kalau anda sedang pingin gemuk. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan gemuk, anda akan menyenanginya. Kalau sedang menyantap makanan, anggap makanan itu adalah JALAN SATU-SATUnya program penggemukan anda. Jadi nanti anda akan lahap makannya. Walaupun sebenarnya anda sudah agak kenyang! CARI TEMAN GEMUK Wekekekek… ini hanya untuk menguatkan niat anda. Dengan senantiasa berteman dengan orang gemuk, otomatis anda akan sering melihat tubuh subur di dekat anda. Walhasil juga, anda akan termotivasi untuk meraih ukuran tubuh itu. Anda juga akan ikut-ikutan banyak makan seperti temanmu itu. Coba kalau anda berteman dengan teman kurus, ya kapan mau makan banyak? Lawong nggak ada yang ngajak makan. Hehehe.. Khan sama-sama nggak seneng makan, lha wong sama-sama kurusnya kok. 🙄 Tapi, kalau memang sudah akrab dengan teman kurus, ya jangan dijauhi. Tetep berteman dan AJAK dia kompetisi menaikkan berat badan. Siapa yang menang dapat hadiah. Saya dulu punya teman kurus juga. Namanya Heru. Dia juga pingin gemuk juga. Walhasil, kita seperti kompetisi. Kalau sedang chatting ym, kita selalu menanyakan berat badan masing-masing. Hehehe… Trus siapa pemenangnya ndop? Ya mohon maaf, saya! hehehehhehe… Tapi nggak ada hadiah-hadiahan. Wong ini iseng aja kok. Eh, itu, si anangku dot blogspot dot com, ternyata dia juga gemuk juga sekarang. Sama itu, temanku SMA, namanya Dony dan Yesi, dia juga gemuk sekarang. Memang sedang musim gemuk ya, hahahah…. Ayoh, mumpung pada gendut semua, yang pada kurus, ayo banyak makan…. hehehehhehee…. EFEK SAMPING DIPIKIR BELAKANGAN Banyak yang bilang kalau gemuk itu sarang penyakit. Oke Fine, hal itu memang iya. Tapi apakah kurus juga nggak sarang penyakit? Saya kira sama aja. Mungkin jenis penyakitnya yang berbeda. Yang bagus tentu saja ideal. Nah, kalau sudah mendengar ungkapan-ungkapan yang sifatnya masih belum 100 persen bener (soalnya orang gemuk yang sehat juga banyaaaaaak!!!), jangan dihiraukan dulu. Tutup kupingmu. Soalnya dirimu sekarang masih kurus dan sedang berjuang menjadi gemuk atau setidaknya normal. Kalau kau hiraukan kata kata mereka, kau tidak akan bisa gemuk, karena sugesti di otak anda sudah tercemari! JANGAN PERCAYA MITOS Doh, bikin postingan kayak begini tuh membutuhkan waktu lama. Mikirnya yang lama, maklum saya nggak cari referensi selain dari pengalaman saya sendiri, hehehe… so, buat mbah gugel, sori ya, saya lagi pingin independent dulu tanpa bantuan mbah. Kuharap mbah gugel memaklumi… So, jangan percaya mitos. Mitos yang dimaksud tentu saja yang berhubungan dengan badan kurus. Banyak khan yang bilang kalau, “Badan kamu itu diapa-apain ya tetep segitu, nggak mungkin gemuk, memang sudah bawaan lahir!!” DIAAAAAAAAAAARRRRRRRR!!!!!! *suara petir menggelegar* Dan kau pun percaya…. BUBAR DEH USAHA LO… hahahah…. Sumpah, kalau memang pingin gemuk. Semua ada jalannya kok. Saya ini buktinya. Kalau perlu, tempel tuh di dinding kamar poster orang gemuk. Lihat terus photonya. Bayangkan anda akan seperti dia kelak. Sante saja. Rileks. Dengan sering membayangkan, alam bawah sadar anda akan mengantarkan anda ke sana. Tiba-tiba anda akan lapar. Tiba-tiba anda akan mengantuk. Tiba-tiba anda suka minum susu. Setiap kali diajak teman di warung, secara refleks anda akan minta minuman SUSU. Ah aku sudah kehabisan ide. Langsung disimpulkan aja deh. Yang penting niat yang kuat habis itu ajak tubuh anda makan makan dan makan. Sehari minimal 4 kali. Minum susu TIGA KALI sehari kalau bisa SATU GELAS GEDHE. Biar kenyangnya mantab! Kalau sudah gemuk, anda akan: Baju/kaos press body anda ketika kurus akan tidak bakalan muat lagi dipakek. Karena ukuran lebar badan anda sudah melar ke samping. Engkau bahkan akan merasa kesulitan memakainya, apalagi kalau baju itu bukan dari bahan kaos! Celana pendek dan panjang yang bukan kolor, jelas akan menjadi kenangan masa lalu… Saatnya shopping beli ukuran celana baru… Shoppingnya pakek celana apa? Tentu saja CELANA KOLOR DULU atau pakai SARUNG! hahahaha… Sandal anda masih akan bisa dipakek Kecepatan lari anda akan berkurang drastis, hehehehe kekuatan akan meningkat tapi dibarengi dengan cepat lelah dan terengah-engah Gampang NGANTUK Gairah sedikit berkurang, nggak gampang terangsang kayak pas jaman kurus dahulu, heheheh… Tambah lucu dan tembem itu pasti! Setiap gerakan anda, goyangan anda, langkah kaki anda, akan terasa lucu kalau dilihat.. Hahaha… Semakin banyak yang bersentuhan, terutama yang jelas kerasa adalah bagian pangkal paha dan ketek. Kalau sedang berjalan, dua pangkal paha akan bersentuhan terus, demikian juga dengan ketek anda. Hal itu tidak anda alami waktu anda kurus. Ketika anda membungkuk, tulang belakang anda tidak akan kelihatan lagi seperti waktu kurus dahulu Ketika anda berlari, akan terasa banget bagian perut dan dada anda naik turun naik turun, hahahah… Sudah ah… kebanyakan postingnya nih. Yang punya pengalaman tranformasi tubuh dari kurus menjadi gemuk, share juga resepnya. Yang jelas resep saya ini nggak pakek olah raga. So, kali aja beda sama punya kalian, hehehe… Related Posts Donor Darah Yuk! Jadi gara-gara ikutan Blogger Nusantara beberapa bulan yang lalu itu, khan di sana banyak sekali sem… Video Tutorial Vector Corel Draw Hai hai, lama bener nih gak update tutorial vector. Hehe.. Maklum istrinya paklum (gak usah pakek TM… Membersihkan Sarang Laba Laba Blog Haha… Ini blog sumpah jadi terbengkalai gara gara facebook sialan. Tapi untungnya facebook baru… M. Quraish Shihab Menjawab: Cara Meraih Lailatul Qadr Obsesi di Tahun 2008

Menaikkan berat badan

Anda merasa kesulitan dalam menaikkan berat badan Anda? Sudah banyak makan ternyata tetap saja berat badan tidak bertambah? Disini saya akan memberikan beberapa tips yang sudah saya praktikkan sendiri. Tips ini saya dapatkan dari personal trainer saya dan ternyata ada hasilnya. Dalam sebulan berat badan saya naik 5 kg. Berikut ini tipsnya :

1. Makan makanan yang berprotein tinggi
Salah besar kalo ingin menaikkan berat badan dengan memperbanyak makanan berlemak. Inti dari menaikkan berat badan adalah menaikkan massa otot sehingga otot kita berkembang, bukan lemak yang menumpuk. Memang lemak dapat menambah berat badan namun penumpukan lemak berlebih akan disertai dengan berbagai macan penyakit. Makanan berprotein tinggi mampu membantu menaikkan massa otot.

2. Cukup istirahat dan hindari terlalu sering begadang
Terlalu sering begadang bisa membuat kita semakin kurus. Saya mengalami sendiri hal ini. Karena tugas kuliah yang menumpuk saya sering sekali begadang bahkan tidak tidur. Dalam 1 semester berat badan saya merosot drastis. Terlalu banyak begadang selain bikin kurus juga membuat muka kusam dan mata mengantong. Bukan penampakan yang Anda inginkan tentunya.

3. Makan cukup
Hindari makan terlalu banyak namun dalam waktu yg sedikit. Maksudnya lebih baik Anda makan sedikit-sedikit tapi sering, daripada makan cuman 2 kali sehari namun porsinya banyak. Coba tambah suapan tiap kali makan. Tapi ingat, jangan terlalu banyak juga sampai kekenyangan.

4. Olahraga
Ini tidak bisa ditawar-tawar. Berolahraga untuk melatih otot-otot kita agar berkembang. Setelah berolah raga usahakan makan yang mengandung protein tinggi. Karena ketika kita berolah raga ( apalagi latihan beban di gym ), otot kita sebenarnya \”dirusak\” untuk mengalami perkembangan. Makanan ini untuk mengembalikan energi dan buat asupan bagi otot untuk berkembang.

5. Suplemen
Kalo yang ini bisa dipakai bisa juga tidak. Sekarang ini banyak suplemen-suplemen ( dalam bentuk tablet ataupun susu ) yang bertujuan untuk membantu perkembangan otot. Namun perlu diingat, ini hanya suplemen pembantu bukan obat mujarab yg langsung dapat menaikkan massa otot. Tentunya Anda harus berhati-hati juga dalam memilih suplemen yang cocok.

Dengan mengikuti pola di atas, berat badan saya yang sebelumnya 65 kg dalam sebulan naik menjadi 70 kg ( tinggi 180 cm ). Sekali lagi yang perlu diingat, dalam menaikkan berat badan yang perlu kita lakukan adalah menambah massa otot, bukan menambah timbunan lemak. Hasilnya juga berbeda-beda pada tiap orang, bergantung pada orang tersebut namun bagi saya tips di atas cukup berhasil. Selamat mencoba 🙂 🙂