cara belajar menabung

cara belajar menabung

Hai teman – teman, apa kabar kamu dan keluarga hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat dan baik. Sekarang saya ingin mencoba memberikan informasi tentang cara belajar menabung dan trik – trik menabung.
Seperti yang kita ketahui bahwa menabung adalah BAIK, namun banyak diantara kita yang mengalami kesulitan dalam menabung. Saya dapat memahami karena banyaknya pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehingga tidak ada sisa yang dapat ditabung, bahkan dalam sebulan harus tekor karena penghasilan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika keadaan seperti demikian terus berlanjut, bagaimana dengan masa depan kamu dan keluarga??? Teman – teman, sebenarnya prinsip dasar menabung disini sangatlah mudah, bukan berapa besar yang dapat kamu hasilkan dalam sebulan melainkan seberapa besar yang dapat kamu simpan.

Sebelum kamu melanjutkan membaca, ada baiknya, kamu simak pertanyaan ini, BERAPA BESAR KAMU MAU MENCAPAI TUJUAN DAN IMPIAN KAMU? Jika kemauan dan keinginan kamu itu BESAR maka kamu pasti akan rela berkorban untuk mencapainya. Sebab di dunia ini tidak ada yang gratis dan segala sesuatu memerlukan uang namun perlu di ingat teman – teman bahwa uang bukanlah segala – galanya, sebab tidak semua hal dapat dibeli dengan uang.
Cara – cara menabung, sebagai berikut :
  1. Buatlah budget pengeluaran dan pemasukan dalam sebulan. Lakukan dengan penuh disiplin, patuh dan tanggung jawab dalam menjalankan pengeluaran bulanan.
  2. Lakukan analisa pengeluaran, dimana kamu dapat mengurangi pengeluaran – pengeluaran yang dianggap berlebihan, tidak terlalu penting atau mendesak. Di sini kamu harus bisa mengkategorikan kebutuhan hidup kamu. Lakukan pengeluaran berdasarkan kepentingannya, pertama kamu masukan untuk menabung lalu kamu urutkan berdasarkan kebutuhan yangmana tidak dipenuhi hidup kita akan terganggu seperti makan, tempat tinggal, listrik, PAM / air, pendidikan anak – anak, dan lain – lain. Pengkategorian semua terserah kamu, saya tidak dapat mengurutkan mana dulu yang lebih penting karena kondisi dan kebutuhan kita semua berbeda – beda.
  3. Hilangkan kebiasaan – kebiasaan hidup yang boros, yang menghambur – hamburkan uang, seperti contoh kecil adalah merokok.
  4. Jika penghasilan kamu tidak dapat ditentukan, seperti wirausaha, maka ada baiknya kamu menetapkan waktu untuk menabungnya. Dan untuk teman – teman yang mendapatkan penghasilan yang pasti tanggalnya di setiap bulan, usahakan untuk selalu menggunakan pertama kali penghasilan bulanan kamu itu untuk menabung dan sisanya baru kamu pakai untuk memenuh kebutuhan hidup.
  5. Lunasilah hutang – hutang kamu dengan secepatnya terutama hutang yang berbunga dan hentikan kebiasaan berhutang.
  6. Belajar untuk menghargai dan menabungkan uang kecil seperti uang pecahan Rp 500,- atau Rp 200,- atau Rp 100,- dengan cara menabung di celengan
  7. Pilih sarana menabung ini ditempat yang lebih aman dan baik. Aman dari tangan – tangan jail orang lain dan diri kita sendiri, dan baik tabungan kita tidak akan berkurang nilai uangnya. Contoh menabung di bank yangmana tidak ada biaya administrasinya serta kita tidak memakai kartu ATM nya.
  8. Setelah kamu bisa mulai bisa menabung maka kamu harus tetapkan hati kamu untuk terus menabung setiap bulannya, ingatlah selalu tujuan kamu menabung ini adalah untuk mencapai tujuan dan impian hidup kamu. Dan jadikan menabung ini menjadi kebiasaan hidup baru dalam hidup kamu.
  9. Jika telah ada kebiasaan untuk menabung telah ada dalam diri kamu, mulailah tingkatkan tabungan kamu di dalam setiap bulannya.
  10. Usahakan untuk menggunakan penghasilan tambahan kamu untuk sebagian besar di tabung.
  11. Setelah tabungan kamu sudah besar, jangan dulu dipakai untuk membeli barang – barang konsumer, gunakan dahulu tabungan kamu tersebut untuk investasi, kamu bisa melakukan investasi pada banyak bidang, baik secara aktif maupun pasif kamu lakukan.
  12. Jika kondisi keuangan kamu memungkinkan, usahakan untuk mengambil sebuah asuransi, saya sangat menyarankan untuk mengambil produk asuransi yang ada proteksi dan investasinya.
  13. Gunakan kartu kredit dengan bijak, karena kartu kredit juga banyak manfaatnya terutama jika dalam keadaan darurat, namun jangan pergunakan kartu kredit untuk belanja barang – barang konsumer sehingga hal ini akan menyebabkan kita berhutang.
Demikianlah trik – trik yang saya gunakan untuk menabung, saya sangat berharap informasi ini dapat berguna untuk teman – teman
sumber ; info rencana keuangan

Pahlawan Nasional Pertama

 Jakarta – Tidak banyak yang tahu tentang Abdul Muis. Kita, khususnya warga Jakarta mungkin hanya mengenalnya sebagai nama jalan di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Secuil jalan sepanjang 3 kilometer itu berdampingan dengan kali kecil, dikangkangi deretan gedung-gedung strategis seperti Kementerian Perhubungan. Sementara pecinta sastra mengenal Abdul Muis sebagai pengarang novel legendaris, Salah Asuhan, pada 1928.
Hanya segelintir orang tahu, pria kelahiran Sungai Puar, Sumatera Barat 3 Juli 1883 ini merupakan tokoh pertama yang ditetapkan pemerintah sebagai Pahlawan Nasional. “Tepatnya tahun 1956,” ujar Direktur Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial, Kementerian Sosial, Suyoto kepada Tempo, Rabu (10/10).
Presiden Soekarno menyematkannya gelar pahlawan berkat sepak terjang pujangga itu dalam mendesak Pemerintah Kolonial Belanda untuk memberi kemerdekaan pada Indonesia. Lewat Sarekat Islam, Abdul Muis mengajak anggotanya untuk mempersiapkan langkah kekerasan untuk merebut kemerdekaan, jika jalan damai terus gagal.
Dia memimpin demonstrasi besar di Yogyakarta, pada 1922. Gentar akan kepemimpinannya, Belanda menangkap Abdul Muis dan membuangnya ke Garut, Jawa Barat. Dia menetap di Jawa Barat sampai hari terakhirnya, 17 Juni 1959.
Saat ini, Suyoto melanjutkan, Indonesia memiliki 147 Pahlawan Nasional. Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Penghormatan masih rembug membahas sepuluh kandidat pahlawan baru. Diantaranya Mantan Gubernur DKI Ali Sadikin, Mantan Presiden Abdurrahman Wahid dan Soeharto.

Cara Berhenti Merokok

Tips Cara Berhenti Merokok

1.Kurangi jumlah rokok yang Anda konsumsi sedikit demi sedikit dan bertahap. Jangan memaksakan diri untuk berhenti merokok semalam, karena keesokan harinya keinginan merokok bisa jauh lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan Anda stress, merasa depresi hingga mudah marah. Namun apabila Anda rutin dan disiplin lama-kelamaan akan terbiasa.

2.Belilah merk rokok yang harganya murah dan kualitas pas-pasan.

 

3. Hentikan kebiasaan menunggu atau diam tanpa aktifitas.

4. Cobalah membawa permen mint di saku kamu.

Cari makanan atau benda yang dapat menggantikan mengidam rokok. Anda harus kreatif untuk menggantikan rokok dengan benda lain yang dapat menghilangkan dan mengobati kerinduan Anda tentang sugesti untuk merokok. Misalnya saja dengan mengonsumsi permen karet  Ini bisa menjadi alternatif ketika keinginan merokok sudah tidak tertahankan.

5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.

6.jangan membawa korek api kemana-mana (untuk mengurangi rokok/ jeda waktu )

 

7. Coba dan coba lagi

 
Gagal berhenti merupakan hal yang biasa. Banyak perokok yang harus mencoba beberapa kali sebelum akhirnya berhasil lepas dari kebiasaan buruk ini. Periksa keadaan emosi serta fisik yang membuat Anda menyerah. Gunakan sebagai kesempatan untuk kembali menegaskan komitmen untuk berhenti merokok. Setelah Anda membuat keputusan kembali, tetapkan ‘tanggal dimulainya berhenti merokok’ di bulan depan.


 

 

 

7 Alasan untuk Berhenti Merokok Mulai Hari Ini

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah. Namun mengetahui dampak negatif yang diberikan oleh rokok, seharusnya bisa memicu seseorang untuk menghentikan kebiasaan buruknya tersebut. Berikut tujuh alasan mengapa Anda harus berhenti mengisap rokok, seperti yang dikutip dari Danone.

1. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung
Merokok dapat meningkatkan kemungkinan stroke dan penyakit jantung. Merokok membuat asupan oksigen dalam darah berkurang, meningkatkan penumpukan plak di arteri dan juga meningkatkan tekanan darah.

2. Menurunnya kekuatan fisik
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kurangnya jumlah oksigen yang dikirim paru-paru akan membuat daya tahan fisik menurun. Hal ini bisa sebabkan Anda sulit menaiki tangga. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan berbagai masalah pernapasan.

3. Kanker
Jika Anda merokok, berarti Anda memiliki risiko tinggi terkena kanker terutama kanker paru-paru, tenggorokan dan mulut. Apakah Anda tahu bahwa asap dari tembakau menyumbang 85 persen kasus kanker paru-paru di Kanada?

4. Penampilan fisik buruk
Selain gigi yang bernoda dan kuku yang berubah warna, merokok juga memiliki kaitan pada kerutan kulit wajah dan penuaan dini.

5. Osteoporosis
Merokok dapat mempercepat pengeroposan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Hal itu juga dapat mengakibatkan rasa sakit bahkan cacat.

6. Kesuburan
Pasangan yang merokok kemungkinan akan mengalami masalah kesuburan. Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology juga menemukan bahwa perokok memiliki dua kali risiko terkena impotensi.

7. Merokok mengurangi harapan hidup
Hasil statistik di Kanada menemukan bahwa pria perokok yang berusia 45 tahun pada 1995 memiliki kemungkinan hidup kurang dari 7 tahun daripada pria yang tidak merokok. Sedangkan wanita yang merokok memiliki harapan hidup 10 tahun lebih pendek.

Penyakit Akibat Rokok

Berikut 15 penyakit akibat merokok yang dikutip dari detikHealth.com

1. Kanker paru
Diketahui sekitar 90 persen kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat dari asap rokok ini akan merangsang sel di paru-paru menjadi tumbuh abnormal. Diperkirakan 1 dari 10 perokok sedang dan 1 dari 5 perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.

2. Kanker kandung kemih
Kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40 persen perokok. Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.

3. Kanker payudara
Perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Hasil studi menunjukkan perempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.

4. Kanker serviks
Sekitar 30 persen kematian akibat kanker serviks disebabkan oleh merokok. Hal ini karena perempuan yang merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.

5. Kanker kerongkongan
Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80 persen kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

6. Kanker pencernaan
Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).

7. Kanker ginjal
Ketika seseorang merokok, maka asap yang mengandung nikotin dan tembakau akan masuk ke dalam tubuh. Nikotin bersama dengan bahan kimia berbahaya lainnya seperti karbonmonoksida dan tar menyebabkan perubahan denyut jantung, pernapasan sirkulasi dan tekanan darah. Karsinogen yang disaring keluar dari tubuh melalui ginjal juga mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal. Perubahan ini mempengaruhi fungsi ginjal dan memicu kanker.

8. Kanker mulut
Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Diketahui perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tembakau tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.

9. Kanker tenggorokan
Asap rokok yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.

10. Serangan jantung
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyak yang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

11. Penyakit jantung koroner (PJK)
Sebagian besar penyakit jantung koroner disebabkan oleh rokok dan akan memburuk jika memiliki penyakit lain seperti diabetes melitus.

12. Aterosklerosis
Nikotin dalam asap rokok bisa mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal ini akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

13. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus PPOK disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema (sesak napas akibat kerusakan pada kantung udara atau alveoli) dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

14. Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi sekitar 50 persen. Hal ini karena merokok bisa merusak pembuluh darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain di tubuh.

15. Gangguan medis lainnya
Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kesuburan, memperburuk asma dan radang saluran napas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi makula (hilangnya penglihatan secara bertahap), katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda di gigi dam gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.

Tuh kan serem-serem dan mahal biaya pengobatannya Penyakit Akibat Rokok – Penyakit Akibat Merokok . Maka dari itu saya sarankan anda untuk berhenti merokok.

sumber http://dniell.com/penyakit-akibat-rokok

contoh wc

Tips dan cara memulai membangun Rumah

Tips dan cara membangun rumah,Tips-tips cara mulai membangun rumah penting anda ketahui,sebelum kita mulai membangun rumah,supaya rumah yang akan kita rencanakan sesuai dengan apa yang kita inginkan,dan budget yang disediakan masuk dalam anggaran yang sebenarnya.

1.Carilah arsitek,atau biro konsultan perencanaan rumah,supaya perencaaan rumah yang kita bangun sesuai selera kita,dan memenuhi standard arsitektur yang layak huni.

2.Hitung anggaran biaya,RAB,serta specp/spesifikasi matrial.

3.Spesifikasi matrial,haruslah memenuhi standard,SNI,standard mutu indonesia,supaya kekuatan dari matrial bisa di pertanggung-kawabkan

4.Chek and ricek harga matrial dipasaran,supaya mutu matrial yang akan kita beli,sesuai dengan harga standard,didaerah dimana kita akan membangun rumah tersebut.

5.Chek juga upah harga tukang,dan mutu kerja tukang daerah setempat,dimana kita akan membangun rumah tersebut.

6.Buat progres kerjaaan proyek,dengan progres kita bisa tau berapa lama pekerjaan konsrtuksi bisa selesai,contoh kita mulai.dari pekerjaan:
A.Pekerjaan galian pondasi.
B.Pekerjaan pasangan pondasi.
C.Pekerjaan pasangan sloof,diatas pondasi.
D.Pekerjaan pasangan dinding
E.Pekerjaan rangka atap.
F.Pekerjaan Mekhanikal Elektrikal.
G.Pekerjaan pasangan lantai/keramik atau marmer dan granit.
H.Pekerjaan fhinishing.

sumber : http://www.cibotproperty.com